Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT

Dipos pada May 7, 2022

Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source: Food Blogger Mb Endang Indriani Just Try and Taste. Ayam nya enak gurih & renyah dari bumbunya diberi maizena yang saya sengaja kasi banyak biar crispy. Bawang putihnya bisa dimakan jugaπŸ˜€ #AhlinyaAyam #CuisineMe #ResepOlahanAyamKikiRA

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT:

  1. 500 gr Paha ayam, potong kecil-kecil
  2. 1/4 btr jeruk nipis, peras, ambil airnya
  3. 1 sdt garam
  4. 1 1/2 bonggol bawang putih, memarkan beserta kulitnya
  5. Minyak, sck utk menggoreng
  6. Bumbu Halus:
  7. 4 siung bawang putih
  8. 3 btr bawang merah
  9. 1 sdt ketumbar, sangrai
  10. 1 cm kunyit
  11. 1 ruas jahe
  12. Bumbu Lainnya:
  13. 2 sdt muncung tepung maizena
  14. 1/2 sdm saus tiram
  15. 1/2 sdt garam
  16. 1 sdt baking powder
  17. 1/4 sdt merica bubuk, tambahan dari sy

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT

1
Cuci bersih ayam. Kemudian lumuri ayam, dengan perasan air jeruk nipis dan garam, remas-remas. Biarkan selama 15 menit, cuci bersih kembali dan tiriskan.
Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT - Step 1
2
Siapkan mangkuk, masukkan semua bumbu halus, tepung maizena, garam, baking powder dan saus tiram, aduk hingga rata. Masukkan ayam, aduk rata dengan spatula. Diamkan selama 20 menit/semalaman, hingga bumbu meresap. (sy 30 menit dalam kulkas).
Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT - Step 2
Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT - Step 2
Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT - Step 2
3
Siapkan bawang putih yang telah dipukul-pukul hingga sebagian bawang terlepas dari kulitnya dan memar, tetapi jangan sampai hancur ya. Beri 1/4 sendok teh garam, taburi hingga rata.
Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT - Step 3
4
Siapkan wajan (anti lengket lebih baik), tuang minyak yang banyak. Panaskan minyak hingga benar-benar panas. Masukkan bawang putih dan goreng bawang putih hingga matang dan crispy, angkat dan tiriskan. Gunakan minyak bekas menggoreng bawang untuk menggoreng ayam.
5
Goreng ayam hingga seluruh permukaannya terendam minyak dan ayam berwarna coklat keemasan, balikkan lalu goreng kembali hingga matang. Jika minyak kurang banyak, goreng ayam dalam 2 atau 3 tahap. Angkat ayam dan tiriskan.
6
Siapkan piring, alasi dengan tissue dapur. Letakkan ayam di atasnya dan taburi dengan bawang putih. Santap selagi ayam masih panas karena ketika telah mendingin ayam menjadi kurang crispy. Yummy!
Ayam Goreng Bawang Putih Khas Batam a la JTT - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam goreng telur asin

Ayam goreng telur asin

Ayam goreng telur asin ini teksturnya bukan yang creamy ya..tp kering. Soalnya saya masak untuk pagi sampai sore..kalau pakai saus yang creamy seharian..rumah jadi bau amis telur asin..kalau dimasak kering gini..ga da bau amis dan simple..ga perlu masak2 lg.

Ayam goreng kalasan

Ayam goreng kalasan

Ayam goreng ini , teksturnya empuk kalau digoreng tidak terlalu lama, dan direbus bersama bumbu sampai terendam ayamnya, bumbu serabutnya gurih.

3-5 porsi
Ayam goreng Thailand

Ayam goreng Thailand

Mudah banget dibuat πŸ˜†

Fried Chicken Ala Mama Maudy

Fried Chicken Ala Mama Maudy

Ga ribet bikinnya juga ga macem2 bumbunya. #BerburuCelemekEmas #AyamDibedaki #AhlinyaAyam

3 porsi
45 menit
Ayam goreng larasa mantulll

Ayam goreng larasa mantulll

Mau ayam goreng super enak tp gk ribet bikinnya?? cocok bwt ibu muda yg blm bs masak ato emakΒ² yg gk mau ribet bikin bumbu ungkep. Pas banget dinikmati bareng dg sayur sop... rasanya ada gurih, manis, dan pedes. juara pkoknya.

Ayam goreng tepung panir

Ayam goreng tepung panir

Ayamnya boleh diungkep terlebih dahulu atau bisa jg direbus d g tambahan sedikit garam dn air jeruk nipis

Ayam goreng kemangi

Ayam goreng kemangi

Ikutan #weekendchallenge, sebentar aja buatnya #weekendchallenge

Ayam goreng cabe ijo

Ayam goreng cabe ijo

Bikinnya cepet2 ga sempet fotoin langkah2nya #community_sumbar #basidoncek

Fried chicken

Fried chicken

fried chicken Super renyah.. Baru menemukan resep ayam crispy yang benar2 renyah garing dan ndak keras, resep dari mbak wardat dgn banyak modifikasi sesuai bahan yg ada di rumah, bakal jadi resep andalan nih, kemarin sempet nyobain udang, renyah bgt..

145. Ayam Goreng, Lalapan & Sambal Terasi by Uliz Kirei

145. Ayam Goreng, Lalapan & Sambal Terasi by Uliz Kirei

#OlahanAyam #AhlinyaAyam #ResepTerbaruKu #BerburuCelemekEmas #ResolusiTahun2019 Hari ini masak ayam goreng, lalapan & sambal terasi yang pedesnya mantapzzz untuk SuamiKu yang libur kerja 😍 Menu sederhana yang Aq buat ini merupakan weekly challenge dari Cookpad 😍 Cara membuatnya sangat mudah & bahan bakunya juga mudah ditemui 😘 Yukzz mari berkreasi dengan resep terbaruKu ini dirumah 😘 Menu sederhana ini wajib bnget dicoba ya 😘 Selamat & happy cooking always for everyone 😘

2 porsi
45 menit
Ayam goreng gurih

Ayam goreng gurih

Buat yg baru belajar masak jgn sedih. Aku pernah gagal berkali2 masak sampe dibawa ke dokter. Tapi tanpa belajar kamu ga akan tau salahnya dimana😘

5 porsi
Ayam goreng sambal matah

Ayam goreng sambal matah

Ayam goreng sambal matah

Ayam goreng Mozzarella

Ayam goreng Mozzarella

Biasanya goreng ayam kesukaan si akak yah biasa aja gitu pakai tepung bumbu yang sudah jadi. Tapi pas mau berbuka puasa kemarin, si akak minta di topping-in mozzarella 😯. Lihat kulkas, untung masih ada satu pack mozzarella lagi. Wes lah, kita masak nak ! πŸ‘©β€πŸ³πŸ˜… #SiapRamadan #AhlinyaAyam

Ayam goreng serundeng

Ayam goreng serundeng

Mencoba ayam goreng campur serundeng. Ternyata laris manis di rumah....

Ayam goreng

Ayam goreng

Ungkep ayam / ayam ungkep sama aja kan yo 😁 Biasa mak mon bikin ayam ungkep ini untuk stok di kulkas,kalau pas pagi2 repot gitu mau bekelin anak sekolah tinggal keluarkan dari kulkas goreng deh πŸ‘πŸ» #Ahlinyaayam

"Ayam Goreng Telur Padang"

"Ayam Goreng Telur Padang"

Source:Fridanela Adela Silaban #AhlinyaAyam Nambah lagi resep ayam goreng,sya orang padang baru kali ini coba ayam telur πŸ˜„ dan ternyata enak sekali pemirsah .

Ayam Goreng Pandan

Ayam Goreng Pandan

Cara menikmati ayam goreng lain dari biasanya yaitu dengan di bungkus daun pandan, wangi pandan nya pas banget, yuk cobain bunda #AhlinyaAyam

Ayam goreng tepung wijen

Ayam goreng tepung wijen

Anak-anak saya sangat hobby dengan ayam goreng tepung wijen, makanya dirumah selalu tersedia di kulkas yang sudah dicampur tepung, jadi walaupun saya tidak dirumah, mereka menggoreng sendiri ayam tersebut.

5 porsi