Ayam Goreng Ala Mbok Berek

Dipos pada May 4, 2022

Ayam Goreng Ala Mbok Berek

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Goreng Ala Mbok Berek yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Goreng Ala Mbok Berek yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Goreng Ala Mbok Berek, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Goreng Ala Mbok Berek enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ayam Goreng Ala Mbok Berek adalah 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Ayam Goreng Ala Mbok Berek diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Goreng Ala Mbok Berek sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Goreng Ala Mbok Berek memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Goreng Ala Mbok Berek:

  1. 1 ekor ayam, potong-potong
  2. 1 batang serai, memarkan
  3. 1 lembar daun salam
  4. 2 lembar daun jeruk purut
  5. 2 cm lengkuas, memarkan
  6. secukupnya air
  7. secukupnya minyak goreng
  8. Bumbu yang dihaluskan:
  9. 4 butir bawang merah
  10. 3 siung bawang putih
  11. 2 butir kemiri
  12. 1 sdt ketumbar
  13. 2 cm jahe
  14. 1 cm kunyit
  15. secukupnya garam
  16. Bahan celupan:
  17. 250 ml air sisa ungkepan ayam
  18. 1 sdm tepung beras
  19. 1 sdm tepung tapioka

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Goreng Ala Mbok Berek

1
Dalam kuali ungkep ayam beserta dengan bumbu yang sudah dihaluskan, serai, daun salam, daun kunyit dan air hingga empuk dan sisakan satu gelas air bekas ungkepan ayam tadi. Angkat dan biarkan hingga dingin lalu tiriskan dan sisihkan.
2
Dalam wadah campur sisa air ungkepan ayam tadi dengan tepung beras dan tepung tapioka lalu aduk rata hingga tidak ada tepung yang menggumpal, sisihkan.
3
Celup ayam dalam bahan celupan lalu goreng hingga kekuningan. Kucuri ayam dengan bahan celupan.
4
Setelah ayam agak kering, kucuri lagi dengan bahan celupan. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
5
Tata ayam di atas piring saji dan sajikan bersama dengan nasi hangat, sambel terasi dan lalapan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam goreng bawang tanpa ungkep

Ayam goreng bawang tanpa ungkep

#AhlinyaAyam ayam goreng tanpa ungkep ?? Kenapa ngga moms...Kalau kita tau trik nya dijamin ayam goreng akan matang sempurna dan rasanya juga merasuk sampai kedalam daging ayamnya wow..bahasanya merasuk seperti lagu aja . πŸ˜‚πŸ˜‚...ini triknya ya moms...potong daging ayam dengan ukuran yg lebih kecil atau sedang ,agar nanti jika digoreng akan matang merata ,kemudian proses perendaman atau marinasi juga harus sempurna minimal 30 menit atau 1 jam ,rendam dengan bumbu yang diremas remas kan terlebih dahulu kedalam daging ayamnya agar bumbu meresap ,dan yang paling penting adalah goreng dengan api kecil saja,dijamin bumbu meresap dan daging ayam matang sempurna ,so cobain yuk moms resep ayam goreng bawang tanpa perlu diungkep ini.. So yummmiiiii..source : resep koki #AhlinyaAyam #Cookpadcommunity #Cookpadcommunity_yogyakarta #Bagikaninspirasimu

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Kalo mau jadi serundeng tinggal ditambah kelapa parut ya. Cuma punya fillet ayam jadinya pakai dada ayam. Lebih cepet juga ngungkepnya.

Donat paha ayam goreng

Donat paha ayam goreng

Terinspirasi dari resepnya mbak Fauziah Nur,punya saya di kreasi dengan bahan2 yang ada di rumah..ini tadi bikin 1/4 kg,jadinya 12 donat paha.pas belum digoreng keliatan kecil,begitu digoreng ngembang banget...πŸ˜‹

Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

Dulu sempat tanya kesana kemari resep ayam goreng ini, akhirnya setelah trial and error berkali-kali, sudah mantap inilah resep kesukaan keluarga

4-8 porsi
Ayam goreng rempah biji pala

Ayam goreng rempah biji pala

Enak banget kl di sajikan dgn sambel rawit hijau bikin makan tambah nikmat 🀀

Ayam goreng serundeng

Ayam goreng serundeng

Kesukaan si tampan kesayangan nih

Ayam goreng ketumbar

Ayam goreng ketumbar

Masak ayam yang simple tapi kaya akan rempah indonesia yang khas dan terkenal. Selamat mencoba #Ahlinyaayam

8 potong
Ikan Asin Bulu Ayam Goreng Tepung

Ikan Asin Bulu Ayam Goreng Tepung

Gak mau ribet, pake tepung jadi aja..Buat nemenin sayur asem tambah sambal sama lalapan mantulll genkz... πŸ˜‰

Ayam Goreng Pandan

Ayam Goreng Pandan

Ini bekel dines suami saya hari ini. Sekalian buat setoran. Dulu suami saya sebelum nikah tidak makan daging dagingan dan seafood. Bukan karna vegetarian tp karna alergi yg lumayan membuat dia takut untuk makan, setelah menikah saya coba beri secara rutin baik daging maupun macam macam seafood. Alhamdulillah 5 th ini saya bisa menghilangkan alerginya. #WeekendChallenge #PejuangGoldenApron2 #DekatdiHati #Cookpadcommunity_Tangerang

Ayam Goreng Laos

Ayam Goreng Laos

10 potong
Dakgangjeong (korean fried chicken)

Dakgangjeong (korean fried chicken)

Akhir akhir ini, lagi suka liat channel youtube @maangchi, sangat menarik sekali resep dan cara dia memasak. Nah sekarang saya mau recook menu korea yang bumbunya sudah saya modifikasi sendiri. Yuk masak πŸ˜ŠπŸ˜‰

1-2 porsi
45 menit
Ayam Goreng KFC enak

Ayam Goreng KFC enak

Source : ci Xanderskitchen Foto lama😁

Ayam goreng

Ayam goreng

tukang sayur sebelah rumah persis....pas ada ayam TG....opo kuwi?....ayam tanggung....ayam yg kemanggang .... kata wong jowo....πŸ˜ƒπŸ˜ƒ.....yo wess beli....buat setoran challenge minggu ini.....tapi kok yooo lagi maleeees ngulek bumbu.....aaaah beli bumbu instant ajaaa.....hehehhehehee.....cuuuuuz yuuuk mari ke dapur....😍😍 #PejuangGoldenApron2 #WeekendChallenge #ayamgoreng

8 porsi
30 menit
Ayam goreng 2 tepung

Ayam goreng 2 tepung

#AhlinyaAyam

Ayam Goreng Krispi

Ayam Goreng Krispi

#PejuangGoldenApron2 #WeekendChallenge #Cookpadcommunity_palembang #mingguke_5 #olahanayamniung Tadi pagi sudah dapat ayamπŸ“ dari Abang tukang sayur, sudah langsung dimasak πŸ’ͺ dan setur resep nya baru sempet malamnyaπŸ˜€.

2 porsi
25 menit